Tips Cara Mencari Pembawa Acara atau MC Untuk Event

Tips bagaimana cara untuk mencari Pembawa Acara atau MC Acara yang sesuai dengan Tema Event.



Cara Menjadi MC sewaktu saya beralih profesi dari Entertainer sebelumnya agak mudah bila kita sudah memiliki Basic Seorang entertainer atau penghibur yang kita bisa lihat dari hal kecil dahulu yaitu didalam lingkungan pergaulan kita apakah lingkungan kita mengatakan kita adalah seorang yang doyan bicara atau bawel, apakah kita sudah ada dijuluki "Nga Ada Loe Nga Rame". kalau kalian sudah mendapatkan hal itu tinggal kalian asah disekolah Public Speaking dan Rajin Membaca Cara Jadi MC yang baik (dulu saya baca karangan Charles Bonar Sirait). dan dari hal itu terbangunlah sebuah karakter kalau saya sangat cocok di MC untuk acara Non Formal dan dikontrak selama 3 tahun disebuah perusahaan kapal pesiar lokal untuk wisata bahari keluarga. atau mungkin kalian cocok nya jadi MC Formal dengan karakter seperti Tantowi Yahya atau pembaca berita / Host tv dan radio.

Apa tugas Pembawa Acara? kalian bisa di Link ini: Wikipedia

Hal yang kalian sering perhatikan benda yang selalu dipengang ditangannya MC saat acara adalah Text MC yaitu ringkasan susunan acara dari panitia acara dibuat ringkas dengan ukuran kecil yang biasa disebut CUE CARD dan bisa ditambah dengan catatan kecil dari anda sebagai pembawa acara.

Contoh MC Acara Formal:

  • MC Acara Pernikahan / MC Acara Nikahan
  • MC Acara Aqiqah / MC Acara Keagamaan
  • MC Acara Kenegaraan / MC Acara Debat
  • MC Acara Pelatihan / MC Acara Seminar
  • Dan sebagainya

Contoh MC Acara Non Formal:

  • MC Acara Family Gathering
  • MC Acara Ulang Tahun Anak anak
  • MC Acara Konser Musik
  • Dan Sebagainya

Contoh MC Acara Semi Formal:

  • MC Acara Launching
  • MC Acara Talk Show
  • Dan Sebagainya

Lalu bagaimana Tips Cara Mencari Pembawa Acara atau MC Untuk Event?. kalian harus tahu acara kalian itu apa dari ketiga point diatas, setelah itu infokan kepada si MC / Pembawa Acara apakah Tema Event kalian sudah pernah dikuasai oleh si pembawa acara dan termasuk didalam Karakter MC nya kah?, Syukur-syukur si MC nya itu bisa semua Tema Event. Dan kalian minta Video Performance nya si MC entah itu yang ada di Youtube atau dikirim oleh si MC.


Karna Pembawa Acara Ulang Tahun / Pembawa Acara Ulang Tahun Anak anak (Acara Non Formal) itu termasuk MC Humor, santai dan sedikit agak lebay dan agak susah kalau diajak untuk sebagai MC Formal apalagi dituntut mengikuti Karakter MC ARTIS Helmy Yahya atau Najwa Shihab sebagai contoh nya. yang saya perhatikan sekarang ini diantaranya Indra Bekti dan Melanie Ricardo yang bisa MC semua Jenis Tema.

Dibawah ini adalah Video dari MC untuk Acara Family Gathering yang telah diselengarakan di Ancol:



Begitu juga dengan Pembawa Acara Pernikahan atau Pembawa Acara Resepsi Pernikahan, Pembawa Acara Aqiqah, Pembawa Acara Khitanan, Pembawa Acara Kultum dia pasti menolak kalau untuk diajak sebagai MC Acara Non formal yang dia diharuskan berubah karakternya menjadi MC Kocak dan Hip Hip Hooraay.

FYI: untuk pencarian MC Bilingual Harus minta Videonya saat mengunakan beberapa bahasa.

Baca Juga Info Update dari Koji Management:
Silahkan Subscribe Channel Youtube: MASKOJI

MC Acara, Cara Menjadi MC, Mencari Pebawa Acara, Tugas Pembawa Acara, Text MC, Cue Card, MC Acara Pernikahan, MC Acara Nikahan, MC Acara Aqiqah, MC Acara Pelatihan, Pembawa Acara Ulang Tahun, Pembawa Acara Ulang Tahun Anak anak, Pembawa Acara Pernikahan, Pembawa Acara Resepsi Pernikahan, Pembawa Acara Aqiqah, Pembawa Acara Khitanan, Pembawa Acara Kultum, MC Artis, MC Kocak, acara ulang tahun anak, susunan acara ulang tahun, mc ulang tahun anak, contoh mc, teks mc, mc acara formal, mc acara ulang tahun, mc acara lamaran, master of ceremony adalah, mc lucu, mc lucu indonesia, host acara, pembawa acara, mc acara family gathering, presenter, tugas pembawa acara, manajemen talenta