Cara Menjadi Wedding Organizer Yang Baik

Bisnis Jasa Penyelengara Pernikahan atau Wedding Organizer Jakarta 

Wedding Organizer Adalah Jasa dari Penyelengara Pernikahan untuk membantu serta memudahkan Si Calon Pengantin dan Orang Tua serta kepanitiaan dari pihak keluarga pengantin untuk mengurus Acara Pernikahan nanti dalam mengatur pelaksanaan di acara Resepsi, Koordinasi dan memberikan Info terbaru ke Vendor Wedding, Pihak Gedung Pernikahan, Vendor Wedding Entertainment dan seluruh Pantia Acara serta mengurus hal-hal yang sudah sepakati oleh Pemangku Hajat dan Wedding Organizer.

Wedding Organizer Jakarta

Bisnis Wedding Organizer di Jakarta sekarang ini sudah sangat menjanjikan dan saling bersaing dalam harga dikarenakan Usaha Jasa ini tidak membutuhan Modal Besar, juga bisa kita lihat banyaknya gedung pernikahan di kota jakarta yang selalu full pada waktu Weekend baik acara siang dan malam. Keterbatasan Calon Pengantin untuk mengurus pernikahannya karna waktu yang sibuk untuk urusan kantor dan adapula yang beralasan segan untuk merepotkan kerabat dan keluarga nya untuk mengurus Acara Pernikahan si Calon Pengantin

Ada dua jenis jasa dan perbedaan yang biasa ditawarkan oleh Wedding Organizer Jakarta yang akan saya infokan dalam pengertian sederhana, Yaitu:

  • The Day Service
Wedding Organizer atau Penyelengara Pernikahan membantu pemangku hajat dalam:
  1. Bertugas hanya membantu di Acara Resepsi saja (hari H) sesuai dengan yang disepakati dari jumlah Crew yang akan dihadirkan dan Job Desk nya Crew Wedding Organizer yang akan membantu memantau dan mendampingi si Panitia dari Pihak Keluarga, Kalaupun di acara siang atau malam ada acara Pra-Resepsi yaitu Akad Nikah bertepat di waktu acara dan hari yang sama bisa dijadikan dalam The Day Service.
  2. Membuat Susunan Acara atau hanya menerima dan revisi susunan acara yang dibuat oleh Panitia Keluarga apabila didalam Rundown ada hal yang perlu diperbaiki.
  3. Untuk masalah pencarian Gedung Pernikahan, Dekorasi Pernikahan, Vendor Wedding, Entertainment, Undangan Pernikahan dan lainnya itu untuk hanya pemintaan tolong dari calon pengantin ke Wedding Organizer untuk mencarikan apa saja yang beliau belum mendapatkan dan bukan tugas sepenuhnya dari Pihak Wedding Organizer.


  • Full Service
Wedding Organizer bertugas untuk:
  1. Membuat Konsep Acara Pernikahan dan Tema dari yang sesuai dengan Permintaan Pemangku Hajat.
  2. Mencarikan Dekorasi, Catering, Vendor, Entertainment dan semua kebutuhan Semua Acara Penikahaan sesuai Konsep Tema dan Meeting berkali-kali nya.
  3. Bertugas Membuat Rundown, Jumlah Crew WO lebih banyak untuk Memantau Acara: Pengajian, (Acara Upacara Adat), Akad Nikah, Resepsi dibeda tempat dan hari.
  4. Teknikal Meeting dengan semua Vendor dan Panitia Keluarga
  5. Pelayanan Full Service ini akan memakan waktu berkali-kali meeting dengan vendor atau samperin calon pengantin dan pihak keluarga untuk berkoordinasi.
  6. Dan lainnya.


Bagaimana Cara Menjadi Wedding Organizer yang baik sebenarnya tergantung dari pemilik WO itu sendiri yang mengatur management nya seperti siapa saja personil crew wo yang akan dipekerjakan, apakah dia sudah mahir didalam jobdesk nya kah seperti untuk crew memantau catering, dekorasi atau sound system?, bukan sekedar crew yang tidak profesional dalam bidangnya hanya di brief beberapa hari sebelum acara saja, juga perlunya pengetahuan yang lebih untuk seluruh crew dan kesopanan serta pandai mengatasi masalah didalam tugasnya sendiri. Hal lainnya adalah membangun kepercayaan dan kepuasan client yang sekarang dikerjakan dan client yang sedang menanti anda untuk dipekerjakan.karna wedding organizer ini juga promo nya hasil dari rekomendasi kerja anda sebelum nya atau atas info dari pihak gedung dan vendor lainnya yang menyatakan hasil kerja anda sungguh hebat.


Wedding Organizer Jakarta

MASALAH DAN SOLUSI

Untuk Masalah dan Solusi dari pengalaman saya sebagai Wedding Organizer diantaranya yaitu seperti Pihak dari kedua orang tua pengantin saling ingin disalamin duluan oleh tamu undangan dan solusi nya adalah wedding organizer yang menjembatani kedua belah pihak keluarga memberikan penjelasan dan informasi apakah ini Acara Penikahan NGUNDUH MANTU atau bukan? ( Penjelasan apa itu Ngunduh Mantu bisa di Cari di Link: Ngunduh Mantu ), Masalah lainnya yaitu ruang makan tamu VIP/VVIP di padati oleh keluarga belah pihak dan teman-temannya. salah satu solusi ini yaitu ketua wedding organizer berkoordinasi dengan ketua panita keluarga untuk memohon agar mengosongkan ruang VIP/VVIP dengan caranya sendiri yang sopan. (diharus kan untuk menjadi atau mencari Ketua dari Panitia Keluarga adalah orang dekat keluarga tersebut yang diTuakan kedua belah pihak yaaa bukan orang lain pihak kesekian karna masalah ini Acara Pernikahan sangat "Sensitif" dibanding Acara Kantor Perusahaan yang dikelola Event Organizer). 

Dan hal yang sensitif atau yang banyak dibahas panjang lebar saat Meeting salah satu nya adalah Kotak Uang dan masalah Catering atau makan untuk tamu undangan, pastikan jumlah undangan yang disebar dikalikan 2 yang semua rumus tersebut pasti semua vendor Pengusaha Catering sudah paham dan jangan lupa dari pihak WO dan Pihak Panita , dan pihak gedung yang mengurus masalh catering untuk selalu memantau tamu sambil bawa alat Checker untuk menghitung jumlah tamu yang hadir. 

Sebenarnya masih banyak lagi informasi yang mau saya sampaikan pengalaman saya dibidang Jasa Penyelengara Pernikahan untuk berbagai Tips kepada semua pembaca, jangan lupa di share siapa tahu menjadi manfaat kepada yang membutuhkan.

Baca Juga Info Update dari Koji Management:

Instagram: management_artis_indonesia

Twitter: ArtisKoji

FansPage FB: Management Artis Indonesia

Youtube: Sosmed Koji & Maskoji

Iklan Jedul Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel